Semangat Guru dalam dalam giat evaluasi peserta didik

Sabtu, 07 Des 2019, 10:32:07 WIB - 153 View
Share

Sabtu, 07/12/2019 MAMNU Kota Blitar - Salah satu instrumen penting dalam pendidikan adalah Evaluasi hasil peserta didik, hal inilah yang biasa dilakukan oleh semua kalangan pendidikan, mulai dari SD/MI sampai Perguruan Tinggi tak terkecuali MA Maarif NU Blitar.


Para Guru sangat bersemangat dalam belajar aplikasi raport yang baru diperkenal oleh Kementrian Agama melalui bidang pendidikan madrasah, trial dan eror  hampir dialami oleh semua peserta pelatihan, "karena memang baru pertama dan belum terbiasa makanya sering eror " ungkap salah seorang peserta.


Pelaksanaan pelatihan penggunaan  Aplikasi Raport Digital (ARD) ini dilaksanakan di sela-sela pelaksanaan ujian Penilaian Akhir semester(PAS), dengan harapan begitu selesainya pelaksanaan ujian, maka nilai hasil ujian sudah siap untuk di entry dalam aplikasi sehingga raport pun bisa cetak tepat waktu.


Saat dikonfirmasi, Qoni'ah selaku wakil kepala urusan kurikulum menyampaikan " memang diawal sulit, namun demikian semua guru harus bisa menggunakan aplikasi ini karena ini memang tuntutan dari pemerintah sebagai laporan hasil kepada wali murid". 


Laporan hasil belajar atau yang biasa dikenal sebagai raport adalah bentuk data hasil evaluasi belajar dalam kurun waktu tertentu, dan data ini lah yang seringkali digunakan oleh berbagai pihak, baik dari lembaga pendidikan sendiri, pemerintah mapun kalangan swasta yang berkepentingan, oleh karenanya memang harus dilakukan dengan sungguh - sungguh dan penuh ketelitian sehingga akan memiliki nilai yang sepadan antara kemampuan peserta didik dan hasil yang di dapat. (Mlq)

PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR MA Maarif NU didirikan sejak tahun 1994. Semula bernama Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar. Mulai tahun pelajaran 1993/1994 sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Blitar. Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997 kegiatan pendidikan diselenggarakan di lokasi gedung baru Jl. Ciliwung 52 Blitar.
© 2019 Schz Follow: Facebook Twitter Youtube Instagram LinkedIn