Peringatan Hari Santri Nasional 2022 PP. NURUL ULUM KOTA BLITAR

Senin, 24 Okt 2022, 08:42:20 WIB - 21 View
Share

Peringatan Hari Santri Nasional 2022

Sejak  ditetapkan 22 Oktober sebagai hari santri nasional oleh presiden Joko Widodo, kini telah 8 tahun peristiwa resolusi jihad (seruan pahlawan nasional Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari membacakan seruan Jihad kepada masyarakat Indonesia khususnya kaum Santri) itu diperingati. Sebagai pondok pesantren yang menjadi basis santri, pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar berpartisipasi aktif dalam memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional kali ini.

Pada moment ini, para santri kami di kerahkan untuk mengikuti Upacara Hari santri Nasional di 3 titik yang berbeda. Sekitar 100 santri di tugaskan untuk mengikuti upacara di halaman Pemkot Blitar Bersama Bapak Drs. H Santoso M.Pd selaku wali kota Blitar beserta para stafnya. Kegiatan ini juga di ikuti oleh beberapa ormas keagamaan, terutama dari ormas terbesar yang ada di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama.

Di tempat yang kedua, ada sekitar 60 santri yang mengikuti Upacara PWNU secara virtual di Mini Hall Pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Selain dari santri, Upacara ini juga di ikuti oleh Jajaran PCNU kota blitar. Meskipun upacara di laksanakan secara virtual, hal itu tidak mengurangi kekhidmadan para peserta upacara. Para peserta dapat merasakan suasana upacara dan mengenang semangat juang para santri pada tanggal 22 oktober 1945. Lebih dari itu, mereka juga dapat mengambil khikmah dari apa yg di sampaikan oleh ketua Umum PBNU beliau KH Yahya Cholil Staquf.untuk kemudian di implementasikan di kehidupan sehari-hari.

Tidak mau kalah dari rekan-rekanya, 1000 santri beserta para ustadz dan ustadzah melaksanakan upacara Hari Santri Nasional di Halaman Megah pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Pada kesempatan kali ini, semua petugas upacara termasuk komandan upacara diemban oleh santri putri. Ini merupakan hal luar biasa dan menjadi yang pertama kali dalam sejarah pondok kami. Pun demikian, mereka sama sekali tidak kalah dengan santri putra. Mereka nampak tegas dan lugas dalam melaksanakan tugas mereka sebagai petugas upacara sehingga kegiatan upacara dapat terlaksana dengan baik.

Demikian giat kami pagi ini. Semoga Hari Santri tidak hanya di peringati dengan meriahnya perayaan di berbagai sudut negeri. Akan tetapi, dapat menjadi momentum untuk meneladani serta mengikuti semangat juang para pahlawan dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan NKRI. Teruntuk para santri pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Teruslah berkarya, berusaha dan berdoa. Kobarkan semangat kalian, kibarkan cita kalian, harumkan pondok tercinta ini, harumkan negeri tercinta ini, selamat belajar , berjuang dan bertaqwa……


Video Terkait :

PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR MA Maarif NU didirikan sejak tahun 1994. Semula bernama Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar. Mulai tahun pelajaran 1993/1994 sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Blitar. Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997 kegiatan pendidikan diselenggarakan di lokasi gedung baru Jl. Ciliwung 52 Blitar.
© 2019 Schz Follow: Facebook Twitter Youtube Instagram LinkedIn