UJI KOMPETENSI BACA KITAB GUNDUL

Kamis, 23 Jan 2020, 08:33:51 WIB - 352 View
Share

Dalam meningkatkan kwalitas lulusan dan tercapainya salah satu quality garancy yaitu mampu membaca kitab gundul dasar, maka MTs Maarif NU Kota Blitar melaksanakan uji kompetensi membaca kitab gundulan secara serentak. Materi yang diujikan meliputi nahwu, shorof dan murod, sehingga santri tidak hanya mampu membaca tapi juga mampu menjelaskan kaidah-kaidah tata bahasa dan menjelaskan maksud dari yang di baca. Sedangkan kitab-kitab yang di kaji meliputi kitab-kitab nahwu, fiqih, hadits dan lain sebagainya yang relevant dengan jenjang Madrasah Tsanawiyah.

Dengan bimbingan dari Asatidz yang berkompeten di bidangnya, uji kompetensi ini juga diharapakan mampu meningkatkan semangat belajar para santri dalam mempelajari ilmu-ilmu alat (nahwu – sorof) dan lebih mendalam dalam memahami kitab kuning.

Dalam era digital,yang mana remaja lebih banyak waktunya untuk sekedar hang out, membuang-buang waktu luangnya dengan sia-sia, ke warnet, bermain video games dan larut dalam dunia media social, lembaga ini tetap mengusung beberapa model salafi dalam pembelajaran untuk melestarikan nilai-nilai luhur yang ada di dalamnya. Berdoa sebelum pelaksanaan ujian tawasulan kepada mushonnif dan salafus sholih terdahulu merupakan akhlak mulai dalam menu tut ilmu. Tidak hanya meraih ketercapaian target tapi juga mendapatkan kemanfaatan dan keberkahan ilmu dimasa yang akan datang.

Inilah alasan MTs Maarif NU Kota Blitar tetap mengusung metode-metode pembelajaran salafi dalam pengembangan kemampuan baca kitab, ditengah-tengah era globalisasi yang serba digital ini. Adab-adab belajar yang sudah mulai luntur dan tergerus dengan dunia digital. Karena era modern tidak hanya dihadapi dengan kecanggihan digital saja tapi juag harus dibarengi dengan nilai-nilai luhur budaya dan adab dalam menuntut ilmu selaku pelajar (thaalib). (Ani_red)

PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR MA Maarif NU didirikan sejak tahun 1994. Semula bernama Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar. Mulai tahun pelajaran 1993/1994 sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Blitar. Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997 kegiatan pendidikan diselenggarakan di lokasi gedung baru Jl. Ciliwung 52 Blitar.
© 2019 Schz Follow: Facebook Twitter Youtube Instagram LinkedIn