PROFIL MA MAARIF NU KOTA BLITAR
A.
IDENTITAS MADRASAH
1. Nama Madrasah : MADRASAH ALIYAH MAARIF NU
2. Alamat Madrasah
a. Jalan : Jl. Ciliwung No. 56 Kota Blitar
b. Kode Pos : 66116
c. Telepon / Fax : ( 0342 ) 807123
d. Kelurahan : Bendo
e. Kecamatan : Kepanjenkidul
f.
g. Propinsi : Jawa Timur
h. Website : -
i. E-mail : mamnu_blt@yahoo.co.id
j. Tahun berdiri : 1994
3. Nama Kepala Madrasah : M. WAHID MUSTOFA, S.Sos, M.MPd
No. Hp :
4. Nama Yayasan : PC. LP MAARIF NU KOTA BLITAR
5. Alamat : Jl. Masjid No. 22 Kota Blitar
6. No Akta : 04
7. Notaris : Munyati Sullam,SH.,MA
B.
VISI DAN MISI MADRASAH
1. VISI
·
Mewujudkan
generasi muslim kaffah, alim dan handal serta berwawasan lingkungan hidup
Indikator Visi :
·
Lulusan
yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah.
·
Lulusan
yang berwawasan ilmu pengetahuan & teknologi, memiliki keahlian dan
ketrampilan.
·
Lulusan
yang berdisiplin tinggi.
·
Lulusan
yang memiliki ruhul jihad (semangat juang).
·
Lulusan
yang berprestasi.
·
Lulusan
yang siap hidup di era yang selalu berubah.
a. Misi Madrasah
1.
Misi
yang diemban MA Maarif NU Blitar sebagai
berikut :
2.
Mengembangkan
lembaga pendidikan menengah yang bercirikan Islam dengan memadukan pendidikan
formal (Madrasah Aliyah) dan non formal (pesantren dan pendidikan luar
sekolah).
3.
Memberikan
bekal kemampuan dasar bagi lulusan untuk ‘melanjutkan pendidikan’ dan ‘siap
hidup bermasyarakat’ di era yang cepat berubah.
4.
Menyiapkan
anak didik yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai Keislaman ala
Ahlissunnah wal jamaah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memiliki ruhul
jihad (semangat juang) yang tinggi dalam menegakkan garis perjuangan Rosulullah
SAW dan para ulama serta bersemangat dalam menjalani kehidupan yang senantiasa
berubah dan penuh tantangan.
b. Tujuan Madrasah
Mengacu pada rumusan visi dan
misi tersebut di atas, maka tujuan pendidikan MA Maarif NU Blitar menjadi
wahana untuk menghasilkan siswa-siswi
yang memiliki :
a. Keimanan, ketaqwaan dan
akhlaqul karimah.
b. Komitmen belajar sepanjang
hayat dan meningkatkan kualifikasi
pribadi terbaiknya (khoiro ummah).
c. Sikap yang berorientasi pada
prestasi (akademik dan non akademik)
d. Responsif terhadap perkembangan
IPTEK dan problem-problem dilingkungannya.
e. Kemampuan berkomunikasi dengan
orang tua dan masyarakat luas secara terpadu, termasuk masyarakat internasional.
f. Memiliki kecakapan hidup (life
skill) sebagai bekal hidup mandiri.
C.
DATA GURU, KARYAWAN DAN SISWA
1.
Jumlah Guru pada tahun 2018/2019
a. Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) : 1 orang
b. Guru Tetap Yayasan( GTY ) : 47 orang
Jumlah : 48 orang
2.
Jumlah Pegawai/ Karyawan pada
tahun 2018/2019
a. Pegawai Tetap :
6 orang
c. Satpam : 3 orang
d. Pesuruh/ Penjaga : 3 orang
Jumlah :
15 orang
3.
Jumlah Siswa pada tahun 2019/2020
Kelas |
Laki-laki |
Perempuan |
Jumlah |
X |
110 |
135 |
245 |
XI |
85 |
95 |
175 |
XII |
72 |
115 |
187 |
JUMLAH |
217 |
345 |
606 |
D.
SASARAN PROGAM
Kepala
Madrasah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Madrasah menetapkan
sasaran program, baik untuk jangka
pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk
mewujudkan visi dan misi Madrasah.
SASARAN PROGRAM
SASARAN PROGRAM 1 TAHUN ( 2012 /
2014 ) |
SASARAN PROGRAM 3 TAHUN ( 2012 / 2015 ) |
SASARAN PROGRAM 5 TAHUN ( 2012 / 2017 ) |
1.
Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan
lebih dari 95%. |
1.
Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan
lebih dari 97%. |
1.
Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan
lebih dari 98 %. |
2.
Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir
Nasional 6,0. |
2.
Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 6,5. |
2.
Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 7,5 |
3.
10 % lulusan dapat diterima di PTN, baik
melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 2 %
lulusan dapat diterima program beasiswa PT luar negeri (Timur Tengah) |
3.
20 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui
jalur PMDK maupun UMPTN. 5 %
lulusan dapat diterima program beasiswa PT luar negeri (Timur Tengah) |
3.
40 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui
jalur PMDK maupun UMPTN. 8 % lulusan dapat diterima program beasiswa PT luar
negeri (Timur Tengah) |
4.
75% peserta didik dapat membaca Al-Qur’an
dengan baik dan benar. |
4.
85% peserta didik dapat membaca Al-Qur’an
dengan baik dan benar. 5 %
hafal lebih 5 juz. |
4.
95 % peserta didik dapat membaca Al-Qur’an
dengan baik dan benar. 15
% hafal lebih 5 juz. |
5.
Memiliki ekstra kurikuler unggulan (KIR, Kaligrafi dan Olah Raga Senam) |
5.
Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai
tingkat provinsi |
5.
Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi
tinggkat nasional |
6.
60 % peserta didik dapat aktif berbahasa
Inggris dan arab. |
6.
75 %
peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris dan Arab. |
6.
90 %
peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris dan Arab. |
7.
70 % peserta didik dapat mengoperasikan
mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel |
7.
75 % peserta didik dapat mengoperasikan 2
program komputer (Microsoft Word ,
Excel, Power point dan Internet). |
7. 100 % peserta didik dapat
mengoperasikan 2 program komputer
(Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet). |
8.
15 % Peserta didik mampu membuat 5 jenis produk
bubut kayu. |
8.
30 % Peserta didik mampu membuat 5 jenis produk
bubut kayu. |
8.
40 % Peserta didik mampu membuat 5 jenis produk
bubut kayu. |
9.
15 % Peserta didik terampil menjahit pakaian sendiri. |
9.
25 % Peserta didik terampil menjahit pakaian
sendiri. |
9.
35 % Peserta didik terampil menjahit pakaian
sendiri. |
10. 10 % Peserta didik mampu
melakukan budi daya salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai
ekonomis. |
10.
20 % Peserta didik mampu melakukan budi daya
salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis. |
10.
30 % Peserta didik mampu melakukan budi daya
salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis. |
E. Sasaran
program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang
wajib dilaksanakan oleh seluruh warga Madrasah sebagai berikut:
1.
mengadakan pembinaan
terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan; |
2.
mengadakan jam tambahan
pada pelajaran UNAS; |
3.
mengadakan bimbingan
bahasa inggris dan arab intensif 6 jam perminggu. |
4.
melakukan kerjasama dengan
pihak kabupaten dan perusahaan yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar
untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan
motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi; |
5.
mengadakan pembinaan
Al-Qur’an metode Qiroati selama 6 jam perminggu pada intra sore hari, kegiatan Jama’ah Yasin dan Tahlil setiap
malam Jum’at, Tadabur Alam, peringatan
hari besar Islam, dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik; |
6.
menjalin komunikasi dan
kerjasama yang baik dengan Departemen Agama, Dinas Pendidikan Daerah Kota
Blitar. |
7.
penambahan dan perbaikan
ruang kelas dan laboratorium bahasa,
laboratorium komputer; |
8.
membentuk kelompok Bahasa Inggris dan Arab; |
9.
membentuk kelompok
belajar; |
10.
pengadaan buku penunjang; |
11.
Mengintensifkan pembinaan
bakat dan minat siswa dibidang olah raga dan seni budaya dengan merekrut
pembina profesonal. |
12.
penambahan 20 unit
komputer; |
13.
mengintensifkan komunikasi
dan kerjasama dengan orang tua dan stake holder lain; |
14.
pelaporan kepada orang tua
secara berkala; |
15.
mengintensifkan kegiatan
KIR (karya ilmiah remaja) |
16.
mengoptimalkan program
Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa kelas III. |
|
F.
OUT PUT (PRODUK)
Lulusan
MA Maarif NU Blitar selama ini baru mencapai standart kompetensi yang telah
ditetapkan sebesar 65 %.
Berdasarkan
data, lulusan MA Maarif NU 80 persen melanjutkan ke perguruan tinggi (umum atau
Agama) sekaligus pesantren, 10 persen melanjutkan ke pesantren murni, dan
sisanya 10 persen terjun di masyarakat, antara lain : mengajar TK/TPQ/Play
grup, mengembangkan industri kecil, karyawan perusahaan dll.
G. LEMBAGA PENUNJANG PELAYANAN
PENDIDIKAN
1. Ibnu Sina Trainning Education Center,
Lembaga yang dibentuk MA
Maarif NU Blitar untuk memberikan
pelayanan pendidikan ketrampilan kepada siswa, terdiri dari :
a. Ketrampilan Komputer
b. Ketrampilan Bahasa Arab dan Bahasa
Inggris.
c. Ketrampilan Tata Busana dan Tata Boga
d. Ketrampilan Bubut Kayu
e. Ketrampilan Holtikultura
2. Koperasi Sekolah/Madrasah
Koperasi sekolah ini
bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada siswa untuk memenuhi aneka
kebutuhan sehari-harinya, sekaligus sebagai media pembelajaran siswa dalam
mengembangkan usaha (wiraswasta).
Layanan koperasi
yang ada saat ini, yaitu :
a. Unit Katering
b. Unit Pertokoan
c. Unit Simpan Pinjam.
3. Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Dalam rangka membekali
pengalaman siswa membina dan berinteraksi dengan masyarakat, maka siswa kelas III MA Maarif NU Blitar
setalah ujian akhir diwajibkan mengikuti PKL di desa-desa binaan MA Maarif NU
Blitar. Desa binaan selama ini diarahkan di desa-desa minus (agama) wilayah
Blitar Selatan.
4. IKA MA Maarif NU
Ikatan Keluarga
Alumni (IKA) MA Maarif NU Blitar ini sebagai wahana untuk tetap menjalin
hubungan antar alumni, alumni dengan sekolah (guru-siswa) dan alumni dengan
masyarakat luas. Selain itu, IKA MA Maarif NU diharapkan dapat berperan sebagai
media kontrol terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan.
5. Bengkel Qur’an dan Sholat
Lembaga ini
dibentuk untuk melayani siswa yang kemampuan membaca Al-Qur’an dan sholatnya
kurang baik. Bimbingan khusus ini diberikan karena tidak terjadwal dalam
struktur kurikulum sekolah. Bimbingan dilakukan baik secara individual maupun
kelompok.
6. Tahfidz Qur’an
Lembaga layanan
pendidikan yang disediakan bagi siswa yang berminat menghafalkan Al-Qur’an
sebagai persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke Ma’had Ali atau Perguruan
Tinggi di Timur Tengah, seperti Al-Azhar atau Ummul Qurro University.