MA MAARIF NU BLITAR

Posted by: Administrator
Share

PROFIL MA MAARIF NU KOTA BLITAR

 

A.   IDENTITAS MADRASAH

1.    Nama Madrasah               : MADRASAH ALIYAH MAARIF NU

2.    Alamat Madrasah

a.   Jalan                         : Jl. Ciliwung No. 56 Kota Blitar

b.   Kode Pos                    : 66116

c.    Telepon / Fax            : ( 0342 ) 807123

d.   Kelurahan                  : Bendo

e.   Kecamatan                : Kepanjenkidul

f.     Kota                                      : Blitar

g.    Propinsi                     : Jawa Timur

h.   Website                     : -

i.     E-mail                        : mamnu_blt@yahoo.co.id

j.    Tahun berdiri             : 1994

3.   Nama Kepala Madrasah    : M. WAHID MUSTOFA, S.Sos, M.MPd

No. Hp                            : 

4.    Nama Yayasan                 : PC. LP MAARIF NU KOTA BLITAR

5.    Alamat                           : Jl. Masjid No. 22 Kota Blitar

6.    No Akta                          : 04

7.    Notaris                           : Munyati Sullam,SH.,MA

 

B.   VISI DAN MISI MADRASAH

1. VISI

·         Mewujudkan generasi muslim kaffah, alim dan handal serta berwawasan lingkungan hidup

Indikator Visi :

·         Lulusan yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah.

·         Lulusan yang berwawasan ilmu pengetahuan & teknologi, memiliki keahlian dan ketrampilan.

·         Lulusan yang berdisiplin tinggi.

·         Lulusan yang memiliki ruhul jihad (semangat juang).

·         Lulusan yang berprestasi.

·         Lulusan yang siap hidup di era yang selalu berubah.

a.   Misi Madrasah

1.    Misi yang diemban MA Maarif NU Blitar sebagai  berikut :

2.    Mengembangkan lembaga pendidikan menengah yang bercirikan Islam dengan memadukan pendidikan formal (Madrasah Aliyah) dan non formal (pesantren dan pendidikan luar sekolah).

3.    Memberikan bekal kemampuan dasar bagi lulusan untuk ‘melanjutkan pendidikan’ dan ‘siap hidup bermasyarakat’ di era yang cepat berubah.

4.    Menyiapkan anak didik yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai Keislaman ala Ahlissunnah wal jamaah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memiliki ruhul jihad (semangat juang) yang tinggi dalam menegakkan garis perjuangan Rosulullah SAW dan para ulama serta bersemangat dalam menjalani kehidupan yang senantiasa berubah dan penuh tantangan.

b.   Tujuan Madrasah

Mengacu pada rumusan visi dan misi tersebut di atas, maka tujuan pendidikan MA Maarif NU Blitar menjadi wahana untuk menghasilkan  siswa-siswi yang memiliki :

a.   Keimanan, ketaqwaan dan akhlaqul karimah.

b.   Komitmen belajar sepanjang hayat dan meningkatkan kualifikasi  pribadi terbaiknya (khoiro ummah).

c.    Sikap yang berorientasi pada prestasi (akademik dan non akademik)

d.   Responsif terhadap perkembangan IPTEK dan problem-problem dilingkungannya.

e.   Kemampuan berkomunikasi dengan orang tua dan masyarakat luas secara terpadu, termasuk masyarakat internasional.

f.     Memiliki kecakapan hidup (life skill) sebagai bekal hidup mandiri.

 

C.   DATA GURU, KARYAWAN DAN SISWA

1.   Jumlah Guru pada tahun 2018/2019

a.   Pegawai Negeri Sipil ( PNS )  : 1 orang

b.   Guru Tetap Yayasan( GTY )   : 47 orang

Jumlah         : 48 orang

 

2.   Jumlah Pegawai/ Karyawan pada tahun 2018/2019

a. Pegawai Tetap                      : 6 orang

c. Satpam                                 : 3 orang

d. Pesuruh/ Penjaga                  : 3 orang

                             Jumlah         : 15 orang

 

3.   Jumlah Siswa pada tahun 2019/2020

Kelas

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

X

110

135

245

XI

85

95

175

XII

72

115

187

JUMLAH

217

345

606

 

D.   SASARAN PROGAM

Kepala Madrasah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Madrasah menetapkan sasaran program,  baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi Madrasah.

 

SASARAN PROGRAM

SASARAN PROGRAM 1 TAHUN

 ( 2012 / 2014 )
(Program Jangka Pendek)

SASARAN PROGRAM 3 TAHUN

( 2012 / 2015 )
(Program Jangka Men
engah)

SASARAN PROGRAM 5 TAHUN

( 2012 / 2017 )
(Program Jangka Panjang)

1.      Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 95%.

1.     Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 97%.

1.  Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 98 %.

2.      Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir Nasional 6,0.

2.     Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 6,5.

2.  Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 7,5

3.      10 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.

2 % lulusan dapat diterima program beasiswa PT luar negeri (Timur Tengah)

3.     20 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.     5 % lulusan dapat diterima program beasiswa PT luar negeri (Timur Tengah)

3.  40 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 8 % lulusan dapat diterima program beasiswa PT luar negeri (Timur Tengah)

4.      75% peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

4.     85% peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

5 % hafal lebih 5 juz.

4.  95 % peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

15 % hafal lebih 5 juz.

5.      Memiliki ekstra kurikuler unggulan  (KIR, Kaligrafi dan Olah Raga Senam)

5.     Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat provinsi

5.  Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi tinggkat nasional

6.      60 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris dan arab.

6.     75  % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris dan Arab.

6.  90  % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris dan Arab.

7.      70 % peserta didik dapat mengoperasikan mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel

7.     75 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer  (Microsoft Word , Excel, Power point dan Internet).

7.  100 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer  (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet).

8.      15 % Peserta didik mampu membuat 5 jenis produk bubut kayu.

8.     30 % Peserta didik mampu membuat 5 jenis produk bubut kayu.

8.  40 % Peserta didik mampu membuat 5 jenis produk bubut kayu.

9.      15 % Peserta didik terampil menjahit pakaian sendiri.

9.     25 % Peserta didik terampil menjahit pakaian sendiri.

9.  35 % Peserta didik terampil menjahit pakaian sendiri.

10.  10 % Peserta didik mampu melakukan budi daya salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis.

10.     20 % Peserta didik mampu melakukan budi daya salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis.

10.     30 % Peserta didik mampu melakukan budi daya salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis.

 

E.    Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga Madrasah sebagai berikut:

1.    mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan;

2.    mengadakan jam tambahan pada  pelajaran UNAS;

3.    mengadakan bimbingan bahasa inggris dan arab intensif 6 jam perminggu.

4.    melakukan kerjasama dengan pihak kabupaten dan perusahaan yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi;

5.    mengadakan pembinaan Al-Qur’an metode Qiroati selama 6 jam perminggu pada intra sore hari,  kegiatan Jama’ah Yasin dan Tahlil setiap malam Jum’at,  Tadabur Alam, peringatan hari besar Islam, dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik;

6.    menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan Departemen Agama, Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar.

7.    penambahan dan perbaikan ruang kelas dan laboratorium  bahasa, laboratorium komputer; 

8.    membentuk kelompok  Bahasa Inggris dan Arab;

9.    membentuk kelompok belajar;

10.             pengadaan buku penunjang;

11.             Mengintensifkan pembinaan bakat dan minat siswa dibidang olah raga dan seni budaya dengan merekrut pembina profesonal.

12.             penambahan 20 unit komputer;

13.             mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua dan stake holder lain;

14.             pelaporan kepada orang tua secara berkala;

15.             mengintensifkan kegiatan KIR (karya ilmiah remaja)

16.             mengoptimalkan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa kelas III.

 

 

F.   OUT PUT (PRODUK)

Lulusan MA Maarif NU Blitar selama ini baru mencapai standart kompetensi yang telah ditetapkan sebesar 65 %.

Berdasarkan data, lulusan MA Maarif NU 80 persen melanjutkan ke perguruan tinggi (umum atau Agama) sekaligus pesantren, 10 persen melanjutkan ke pesantren murni, dan sisanya 10 persen terjun di masyarakat, antara lain : mengajar TK/TPQ/Play grup, mengembangkan industri kecil, karyawan perusahaan dll.

 

G.   LEMBAGA PENUNJANG PELAYANAN PENDIDIKAN

1.   Ibnu Sina Trainning Education Center,

                   Lembaga yang dibentuk MA Maarif NU Blitar untuk memberikan  pelayanan pendidikan ketrampilan kepada siswa, terdiri dari :

a.       Ketrampilan Komputer

b.       Ketrampilan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

c.       Ketrampilan Tata Busana dan Tata Boga

d.       Ketrampilan Bubut Kayu

e.       Ketrampilan Holtikultura

 

2.   Koperasi Sekolah/Madrasah

                   Koperasi sekolah ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada siswa untuk memenuhi aneka kebutuhan sehari-harinya, sekaligus sebagai media pembelajaran siswa dalam mengembangkan usaha (wiraswasta).

Layanan koperasi yang ada saat ini, yaitu :

a.       Unit Katering

b.       Unit Pertokoan

c.       Unit Simpan Pinjam.

 

3.   Praktek Kerja Lapangan (PKL)

                   Dalam rangka membekali pengalaman siswa membina dan berinteraksi dengan masyarakat,  maka siswa kelas III MA Maarif NU Blitar setalah ujian akhir diwajibkan mengikuti PKL di desa-desa binaan MA Maarif NU Blitar. Desa binaan selama ini diarahkan di desa-desa minus (agama) wilayah Blitar Selatan.

 

4.   IKA MA Maarif NU

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) MA Maarif NU Blitar ini sebagai wahana untuk tetap menjalin hubungan antar alumni, alumni dengan sekolah (guru-siswa) dan alumni dengan masyarakat luas. Selain itu, IKA MA Maarif NU diharapkan dapat berperan sebagai media kontrol terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan.

 

5.   Bengkel Qur’an dan Sholat

Lembaga ini dibentuk untuk melayani siswa yang kemampuan membaca Al-Qur’an dan sholatnya kurang baik. Bimbingan khusus ini diberikan karena tidak terjadwal dalam struktur kurikulum sekolah. Bimbingan dilakukan baik secara individual maupun kelompok.

 

6.   Tahfidz Qur’an

Lembaga layanan pendidikan yang disediakan bagi siswa yang berminat menghafalkan Al-Qur’an sebagai persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke Ma’had Ali atau Perguruan Tinggi di Timur Tengah, seperti Al-Azhar atau Ummul Qurro University.

 

 

PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR MA Maarif NU didirikan sejak tahun 1994. Semula bernama Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar. Mulai tahun pelajaran 1993/1994 sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Blitar. Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997 kegiatan pendidikan diselenggarakan di lokasi gedung baru Jl. Ciliwung 52 Blitar.
© 2019 Schz Follow: Facebook Twitter Youtube Instagram LinkedIn